-->

Cara Memperbaiki TV Mati Total Lampu Indikator tidak Menyala

Cara Memperbaiki TV Mati Total Lampu Indikator tidak Menyala
Share
TV Mati Total Lampu Indikator tidak Menyala

TV Mati Total Lampu Indikator tidak Menyala merupakan salah satu keyword yang cukup banyak sekali digunakan oleh user untuk mencari cara memperbaiki masalah TV tersebut. Bahkan, hal ini juga sering dibicarakan di forum-forum diskusi elektronik. Baik itu di grup-grup Facebook, grup chat WhatsApp, dll.

Biasanya, jenis kerusakan ini, sering banget terjadi pada merek TV Samsung, Sharp, dan juga TV tabung. Dan bukan tanpa sebab, kerusakan ini biasanya disebabkan oleh beberapa factor. Diantara lain:

  • Karena ada kabel yang lepas,
  • Timah solder yang hilang atau mencair,
  • Dan lain sebagainya..

Beberapa factor tersebut, bisa jadi penyebab Utama tv mati total lampu indikator tidak menyala. Nah, pada postingan kali ini admin akan membahas bagaimana cara memperbaiki tv mati total tapi lampu indicator menyala. Jadi, silahkan kalian simak baik-baik ya.

Cara Memperbaiki TV Mati Total Lampu Indikator tidak Menyala

Ada 3 cara yang akan admin bagikan untuk memperbaiki TV Mati Total Lampu Indikator tidak Menyala. Berikut diantaranya:

1. Lakukan Penyolderan Ulang pada Regulator Primer dan Skunder


Dari kebanyakan kasus tv rusak, biasanya yang paling sering menyebabkannya adalah kondisi solder yang telah usam. Untuk itu, langkah pertama yang harus kalian lakukan saat mengalami tv mati total adalah mengecek setiap komponen tv dan lakukan penyolderan ulang.

Namun, jika setelah kalian melakukan penyolderan ulang dan belum juga membuahkan hasil. Maka, silahkan kalian coba cara yang berikutnya.

Baca juga: Penyebab dan Cara Memperbaiki TV tidak Ada Suara

2. Periksa Sekring dan Kabel Listrik pada Regulator

Sekring atau dalam Bahasa lain Fuse, merupakan salah satu komponen penting pada tv. Jika putus, maka otomatis akan membuat TV mati total. Selain itu, kabel listrik juga memiliki peran yang sama seperti sekring. Oleh sebab itu, memeriksa sekring dan kabel listrik merupakan hal penting.

3. Ukur Tegangan 400 V pada Bagian Regulator

TV mati total lampu indikator tidak menyala bisa disebabkan oleh tegangan 400 V pada bagian regulator. Hal ini bisa saja terjadi kalau tidak ada tegangan pada bagian tersebut.

Nah, oleh sebab itu. Silahkan Anda cek satu persatu pada bagian Dioda bridge, resistor, ataupun di bagian transistor panel horizontal. Apabila setelah dicek ada tegangannya, maka kemungkinan yang rusak adalah resistor yang menuju basis transistor panel horizontal.

Gantilah komponen tersebut dengan yang baru. Dan, biasanya tv tersebut sudah bisa menyala dengan normal kembali. Baca juga: TV Warna Merah, Penyebab dan Cara Memperbaikinya.

Demikianlah tutorial singkat kali ini tentang cara memperbaiki tv mati total lampu idikator tidak menyala. Jika ada pertanyaan terkait problem diatas, maka silahkan berkomentar dibawah postingan ini. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil!

0 Response

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel