-->

Penyebab TV tidak Merespon Remot dan Cara Memperbaikinya

Penyebab TV tidak Merespon Remot dan Cara Memperbaikinya
Share
TV tidak Merespon Remot

Sudah menjadi hal umum, jika setiap tv memiliki remot. Namun, jika remot tersebut tidak merespon atau berfungsi. Baru, menjadi sebuah masalah.

Remot TV, sejatinya memiliki banyak sekali fungsi. Seperti untuk mencari chanel tv yang hilang, mematikan tv, dan lain sebagainya. Yang jelas, fungsi dari sebuah remot sangatlah penting. Oleh sebab itu, jika terjadi kerusakan pada remot. Tentu, akan menyulitkan kalian dalam mengoperasikan tv.

Kasus tv tidak merespon remot, memanglah sangat jarang sekali terjadi. Namun, bukan berarti tidak ada. Buktinya, keyword penyebab tv tidak merespon remot cukup banyak sekali dicari oleh pengguna di mesin pencarian Google.

Nah, oleh sebab itu. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai penyebab tv tidak merespon remot serta solusinya. Berikut ulasannya….

Penyebab TV tidak Merespon Remot

Ada beberapa factor yang menyebabkan tv tidak merespon remot, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kerusakan pada Remot TV

Salah satu penyebab tv tidak merespon remot, biasanya dikarenakan telah terjadi kerusakan pada remot. Hal ini sering banget terjadi, terutama pada tv tabung. Dalam beberapa kasus, penyebab tv tidak merespon remot diantaranya adalah:

  • Baterai habis.
  • Besi penghubung berkarat.
  • Kode remot salah.
  • Periksa sensor remot.

Silahkan kalian periksa beberapa hal diatas, dan pastikan semua komponen tersebut dapat berfungsi dengan baik. Namun, jika salah satu komponen diatas bermasalah. Maka, segera kalian perbaiki. Minsalnya, seperti baterai habis. Maka, gantilah baterai tersebut ke yang baru. Dan, begitu seterusnya

Oh iya, jika problemnya dikarenakan kode remot salah. Maka, silahkan kalian baca kode remot TV TCL tabung atau kode remot TV LG. Namum, jika dikarenakan sensor remot rusak. Maka, solusinya adalah ganti remot dengan yang baru.

2. Kerusakan pada TV

Jika tidak ada masalah pada remot, alias remotnya baik-baik aja. Mungkin, yang rusak adalah pada TV. Nah, jika hal ini terjadi. Maka, kemungkinan besar kerusakannya terletak pada:

  • Sensor TV rusak.
  • Kerusakan pada komponen lainnya.

Silahkan kalian cek dengan teliti pada komponen tersebut, dimulai dari yang pertama. Yaitu, sensor. Jika, sensornya rusak. Maka, gantilah dengan yang baru. Namun, jika sensornya nggak rusak. Bisa jadi, komponen yang berdekatan dengan sensor yang rusak.

Periksa satu persatu komponen yang berdekatan dengan sensor, seperti IC Program dan lain sebagai nya.

Note: Khusus kerusakan pada tv, saya sarankan agar kalian membawa ke service telivisi terdekat. Sebab, masalah tersebut cukup rumit. Dan jika diperbaiki oleh kita sendiri, takutnya malah muncul masalah lain.

Saya rasa cukup sampai disini dulu pembahasan kita kali ini mengenai penyebab tv tidak merespon remot dan cara memperbaikinya. Semoga ulasan santai ini dapat membantu kalian dalam mengatasi tv tidak merespon remot. Sekian dan terima kasih!

0 Response

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel