-->

TV Warna Merah: Penyebab dan Cara Memperbaikinya (Mudah Banget)

TV Warna Merah: Penyebab dan Cara Memperbaikinya (Mudah Banget)
Share
TV Warna Merah

Berbicara soal kasus kerusakan TV, memang ada banyak sekali kasusnya. Mulai dari TV tidak ada gambar, TV tidak ada suara, dan masih banyak lagi hal lainnya. Dan pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan tentang masalah TV warna merah.

TV warna merah merupakan masalah umum yang kerap terjadi pada beberapa merek TV, seperti LG, Polytron, TV tabung, dan lain-lain. Biasanya, masalah ini disebabkan oleh beberapa hal. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut.

Penyebab TV Warna Merah

Ada beberapa penyebab yang membuat TV menjadi berwarna merah. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tabung sudah rusak atau lemah,
  • Transistor penguat warna RGB rusak di bagian Red,
  • IC penguat video RGB rusak,
  • IC chroma rusak,
  • Dan, IC warna RGB drive rusak.

Diatas adalah beberapa penyebab TV dominan warna merah. Dan untuk mengatasinya, berikut langkah-langkah memperbaiki tv warna merah.

Cara Memperbaiki TV Warna Merah

Untuk memperbaiki TV warna merah, tv polytron gambar dominan merah, tv LG ultra slim gambar dominan merah, dan tv LG dominan merah. Ada beberapa step yang harus Anda lakukan, diantaranya adalah:

1. Periksa Kondisi Solderan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa kondisi solderan. Cek satu persatu komponen pada TV tersebut, dan jika ada solderan yang rusak atau tidak dalam keadaan baik. Maka, perlu Anda lakukan penyolderan ulang. Namun, jika tidak berhasil juga. Coba cara yang berikutnya.

Baca Juga: Cara Memperbaiki TV Bergaris Horizontal serta Penyebabnya 

2. Ukur Tegangan Masing-masing Katoda RGB

Biasanya, TV warna merah dikarenakan ada masalah pada Katoda RGB. Sebab, pada umumnya. TV yang normal, semua komponennya akan berfungsi dengan baik.

Untuk itu, silahkan sobat Analisa pada bagian blok RGB. Dan, apabila tegangannya di bawah 75 V atau di atas 125 VCD. Maka, kemungkinan besar telah terjadi kerusakan pada bagian ini. Nah, untuk mengatasi-nya. Silahkan ganti katoda yang rusak tersebut dengan yang baru.

3. Cek Komponen pada Blok RGB

Jika pada katoda RGB tidak ada masalah. Maka, coba sobat cek komponen pada blok RGB. Cek satu persatu komponen tersebut. Minsalnya pada KR, maka ukur komponen yang satu jalur dengan KR.

4. Ukur Tegangan Basis Transistor pada Mesin RGB

Apabila tidak ditemukan juga kerusakan pada Katoda dan blok RGB. Maka, coba Anda cek pada bagian transistor. Normalnya, tegangan pada basis rersebut ialah berkisaran 1 V sampai 3 V. Jika lebih dari itu, pasti ada kerusakan pada bagian ini.

5. Analisa Kerusakan pada IC Chorma

Cara memperbaiki TV warna merah yang terakhir adalah dengan mengabalisa komponen IC chorma. Untuk menganalisa bagian ini cukup mudah, silahkan ukur tegangannya yang terdapat pada pin RGB-OUT. Normalnya, tegangan tersebut berkisaran di angka 4 VDC. Jika, tegangannya diatas atau tidak ada sama sekali. Maka, IC Chormanya telah rusak.

Solusinya adaah ganti IC chorma tersebut dengan yang baru. Baca juga: Cara Flash TV LED Toshiba (Semua Tipe) cuma 3 Menit.

Itulah dia cara memperbaiki TV warna merah yang dapat admin bagikan kali ini. Jika, setelah mencoba cara diatas tidak kunjung juga berhasil. Maka, silahkan sobat bawa TV tersebut ke service terdekat. Semoga bermanfaat dan terima kasih!

0 Response

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel