-->

Penyebab dan Cara Memperbaiki TV tidak Ada Suara

Penyebab dan Cara Memperbaiki TV tidak Ada Suara
Share

Yang namanya elektronik, pasti akan rusak seiring berjalannya waktu. Baik itu karena termakan usia, maupun karena hal lainnya. TV merupakan salah satu produk elektronik yang paling banyak digunakan selain gadget. Hampir dipastikan setiap rumah memiliki TV.

Sekarang ini, sudah ada banyak sekali jenis dan merk-merk TV yang bertebaran. Mulai dari TV LED, LCD, dan lain sebagainya. Adapun merk-merk TV tersebut adalah, Samsung, Sharp, Sony, Toshiba, Polytron, dan juga Philips.

Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi sedikit tutorial dan Informasi mengenai cara memperbaiki tv yang tidak ada suara dan apa saja penyebabnya. Yuk, kita simak sama-sama ulasannya berikut.

Penyebab TV tidak Ada Suara

TV yang tidak ada suara atau suaranya hilang ada beberapa penyebab, seperti terjadi kerusakan pada sistem loudspeaker. Selain itu, bisa juga disebabkan karena ada masalah pada IC power nya (meskipun hal ini jarang sekali terjadi).

Hilangnya suara TV juga bisa disebabkan oleh catu daya IC suara yang diakibatkan beberapa masalah, seperti dioda yang putus, jalur PCB yang tidak tersambung sempurna, dan juga resistor yang putus. Jika yang rusak adalah loudspeaker nya, maka Anda cukup mengganti nya dengan yang baru.

Cara Memperbaiki TV tidak Ada Suara

Untuk memperbaiki suara tv hilang, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah step by stepnya. Silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut dengan benar dan sesuai dengan yang saya jelaskan:

1. Periksa Pengaturan TV

Sebelum Anda memulai untuk mencoba membuka casing TV, pastikan terlebih dahulu bahwa semua pengaturan pada TV sudah dalam keadaan benar. Biasanya, TV yang tidak ada suara dikarenakan pengaturan mute nya di hidup.

Nah, jika TV Anda tidak ada suara dikarenakan pengaturan mute nya hidup. Maka, untuk mengatasinya cukup mudah. Silahkan Anda ambil remote TV, lalu klik tombol mute. Maka, secara otomatis pengaturan mute nya akan mati.

Baca Juga: Step by Step Cara Memperbaiki TV tidak Ada Gambar, tapi Ada Suaranya dengan 3 langkah sederhana.

2. Cek Tegangan di Jalur Audio

Jika tips pertama tidak berhasil, maka silahkan Anda gunakan cara yang kedua ini. Buka casing TV Anda, kemudian silahkan Anda periksa tegangan pada jalur audio. Jika tegangan nya berkisaran 10-15 Volt DC, maka TV Anda dapat dipastikan dalam keadaan baik-baik saja.

Namun, jika tegangan nya tidak ada sama sekali, atau kurang dan lebih dari batas tegangan normal tersebut. Maka, dapat dipastikan bahwa ada kerusakan pada power ataupun komponen sekitar. Nah, untuk mengatasi nya, silahkan Anda bawa ke dokter elektronik terdekat :3

3. Periksa IC Control dan Audio

Apabila kedua cara diatas tidak kunjung juga berhasil, maka silahkan Anda coba cara yang terakhir ini. TV tidak ada suara biasanya disebabkan oleh IC Control dan Audio nya yang rusak. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengecek kondisi IC Control dan Audio nya.

Untuk cara mengecek IC Control dan Audio, cukup saja Anda sentuh komponen nya. Lalu amati apakah ada respon atau tidak, jika tidak ada respon berarti telah terjadi kerusakan pada komponen tersebut. Untuk memperbaiki nya, silahkan Anda ganti IC nya ke yang baru.

Tips Menjaga Speaker TV agar tidak Mudah Rusak

Agar speaker TV tidak mudah rusak, ada beberapa tips nih buat Anda tentang cara merawat speaker TV agar tetap awet. Apa sajakah itu? Berikut tips-tipsnya:

  • Jangan pernah kalian dekatkan magnet dengan speaker
  • Selalu bersihkan lubang speaker dengan kain kering maupun tisu basah
  • Saat menonton, jangan gunakan volume yang kencang. Gunakanlah volume yang sedang-sedang saja

Baca Juga: Cara Flash TV LED Sharp Aquos (Semua Tipe) Dijamin berhasil! Terbaru 2019 lengkap.

Nah, itulah dia yang dapat admin bagikan kali ini tentang Cara memperbaiki tv tidak ada suara. Jika Anda punya pertanyaan seputar problem diatas, maka silahkan Anda bertanya pada kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Response

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel