-->

Cara Memperbaiki TV Bergaris Horizontal serta Penyebabnya

Cara Memperbaiki TV Bergaris Horizontal serta Penyebabnya
Share
Cara Memperbaiki TV Bergaris Horizontal

TV bergaris horizontal bukanlah masalah baru lagi. Sebab, kerusakan seperti ini sering banget di jumpai oleh pengguna tv. Khususnya, pada tv tabung. Selain itu, masalah ini juga kerap terjadi di tv LED, dan LCD.

Biasanya, ciri-ciri kerusakan tv bergaris horizontal adalah terdapat satu atau dua garis horizontal saat tv dalam keadaan menyala. Contohnya seperti gambar diatas.

Adapun penyebab tv bergaris horizontal adalah sebagai berikut:

  • IC Vertikal
  • Output Vertikal
  • Ocillator Vertikal.

Diatas adalah beberapa penyebab umum tv bergaris horizontal. Jika salah satu komponen diatas rusak, maka otomatis akan menyebabkan tv bergaris horizontal. Jadi, silahkan kalian cek satu per satu komponen tersebut.

Umumnya, kerusakan tersebut terletak pada komponen Vertikal Horizontal. Namun, pada beberapa kasus. Kerusakan tersebut juga bisa terjadi pada komponen lain.

Cara Memperbaiki TV Bergaris Horizontal

Untuk memperbaiki tv bergaris horizontal, sebenarnya sangatlah mudah. Karena pada dasarnya, system pada tv itu cukup simple. Cukup tau komponen yang rusak, lalu kemudian ganti dengan yang baru.

1. Ukur B+ Vertikal

Solusi pertama untuk memperbaiki tv bergaris horizontal adalah dengan memeriksa bagian B+ Vertikal. Dimulai dari mengukur tegangannya. Umumnya, tegangan normal B+ vertical adalah 24 VDC.

Namun jika, tegangannya tidak ada sama sekali. Maka, dapat dipastikan bahwa tv bergaris horizontal disebabkan oleh ini.

Nah, untuk mengatasinya. Silahkan kalian periksa semua komponen yang berkaitan dengan B+ vertical. Seperti ic vertical, fylback, dan juga pada regulator. Cek satu persatu komponen tersebut, dan apabila ada yang rusak. Maka, silahkan kalian ganti.

2. Ukur Tegangan Output IC Vertikal

Selain pada B+ vertical, mengukur tegangan pada Output ic vertical juga sangat penting. Tegangan normal pada output vertical adalah 12 VDC sampai 24 VDC.

Jika, pada komponen tersebut tidak ada tegangan atau tegangannya melebihi 24 VDC. Maka, dapat disimpulkan bahwa komponen tersebut sudah rusak. Nah, solusinya adalah mengganti komponen tsb ke yang baru.

Oh iya, pastikan Anda mengganti komponen tersebut sesuai dengan tipe yang sama, dan pastikan juga kualitasnya ORIGINAL. Biasanya, setelah mengganti komponen tersebut. Maka, tv sudah dapat hidup dengan normal kembali.

3. Cek dan Analisa IC Chorma

Jika kedua cara diatas tidak work atau berhasil. Maka, coba cara yang terakhir ini. Yaitu, menganalisa komponen IC Chorma.

Salah satu penyebab tv bergaris horizontal adalah ic chorma yang rusak. Masalah ini, biasanya sering terjadi pada tv tabung. Nah, untuk memastikan apakah ic chorma rusak atau tidak. Silahkan kalian cek terlebih dahulu pada komponen tersebut.

Komponen yang harus kalian cek adalah pada bagian pin atau kaki v-out ic chorma. Umumnya, tegangan normalnya adalah 0,2 V. Namun, jika tidak ada tegangan. Mungkin, sudah terjadi kerusakan pada ic chorma tersebut.

Solusinya, adalah dengan mengganti ic chorma ke yang baru…..

Baca Juga: TV Warna Merah: Penyebab dan Cara Memperbaikinya (Mudah Banget!)

Nah, itulah dia cara memperbaiki tv bergaris horizontal. Cara diatas merupakan cara umum dan paling banyak digunakan oleh teknisi tv. Jika, ada pertanyaan. Maka, silahkan berkomentar dibawah postingan ini, atau kalua mau private. Hubungi melalui halaman Contact.

0 Response

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel