-->

TV Mati Total: Penyebab dan Cara Memperbaikinya (Lengkap)

TV Mati Total: Penyebab dan Cara Memperbaikinya (Lengkap)
Share
TV Mati Total

Pada kesempatan sebelumnya admin sudah pernah membagikan artikel tentang tv mati total lampu indikator tidak menyala. Dan kali ini admin akan membagikan lagi artikel yang serupa, yaitu cara memperbaiki TV Mati Total dan penyebabnya.

TV mati total merupakan salah satu jenis kerusakan yang sering banget terjadi di berbagai macam jenis tv. Baik itu di tv tabung, LED, dan LCD. Dan merek tv yang paling sering terkena masalah ini adalah Samsung, LG, dan TV tabung.

Penyebab TV Mati Total

Ada banyak factor yang bisa menyebabkan TV Mati Total, seperti tersambar petir, ada kabel yang putus, dan lain sebagainnya. Selengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Transistor Regulator konslet,
  • Transistor Horizontal Konslet,
  • Flyback...

Diatas adalah beberapa factor penyebab tv mati total. Dan untuk cara memperbaikinya, berikut ulasan -nya. Cekidoot!

Cara Memperbaiki TV Mati Total

Untuk memperbaiki tv mati total, sebenarnya cukup mudah. Terutama, bagi Anda yang paham dan mengerti dengan seluk beluk komponen pada tv. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut, simak baik-baik ya:

1. Periksa Fuse dan Kabel AC

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa komponen regulatornya, yakni fuse dan kabel ac. Kedua bagian tersebut merupakan bagian vital dan paling sering menyebabkan tv mati total.

Nah, jika terjadi sesuatu pada bagian tersebut. Maka, secara otomatis tv akan mati total. Minsalnya, sekring (fuse) putus atau kabel AC nya lepas. Solusinya, ialah mengganti bagian yang rusak tersebut. Baca juga: TV Warna Merah.

2. Cek dan Ukur Komponen Bagian Regulator

Jika tidak ada kerusakan pada komponen fuse dan kabel ac. Maka, silahkan kalian cek di bagian regulator lainnya. Mulai dari elco, resistor, diode bridge, sampai panel horizontal out.

Biasanya, jika salah satu dari bagian tersebut rusak. Maka, TV akan mati total. Untuk itu, periksalah beberapa komponen tersebut secara teliti. Dan, jika ada yang rusak diantaranya. Silahkan kalian ganti dengan yang baru.

Namun, jika tidak berhasil juga. Silahkan sobat coba langkah yang selanjutnya. Baca juga: Penyebab dan Cara Memperbaiki TV tidak Ada Suara.

3. Ukur Tegangan 400 VDC

Langkah terakhir nemperbaiki TV mati total adalah dengan melakukan cek dan tes pada komponen 400 VDC. Silahkan kalian ukur tegangan pada komponen 400 VDC tersebut. Jika, tidak ada tegagan. Maka, ada masalah pada bagian ini.

Nb: Khusus untuk jenis kerusakan pada komponen 400 VDC. Sebaiknya, Anda bawa ke service TV terdekat. Untuk penanganan lebih lanjut.

Demikianlah tutorial yang dapat admin bagikan kali ini tentang cara memperbaiki TV Mati Total. So, semoga bermanfaat dan terima kasih. Eh, kalau kalian punya pertanyaan. Jangan sungkan yaa, untuk bertanya pada kolom komentar dibawah. Arigatou minna!

0 Response

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel